Plt walikota medan serahkan bmps award

Plt walikota medan serahkan bmps award

makobar.com – Plt Walikota menyerahkan BMPS AWARD kepada Yayasan Pendidikan Asga Mandiri Medan yang berlokasi di Jl.Karya Jaya No.196 Medan Johor. Penghargaan ini diterima Yayasan Pendidikan Asga Mandiri sebagai proyek percontohan sekolah berwawasan lingkungan dengan membuat sumur resapan, Biopori dan Tangki Septik Kedap.

Plt Walikota Medan Ir.Achyar Nasution, M.Si dalam acara penyerahan BMPS AWARD mengapresiasi Yayasan Pendidikan Asga Mandiri yang telah mempelopori pembangunan sumur resapan dan Tangki Septik Kedap di lingkungan sekolah swasta.

Beliau berharap sekolah lain mengikuti apa yang telah dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Asga Mandiri Medan. Menurut Achyar bahwa sumur resapan dan biopori adalah wadah untuk melakukan infiltrasi air hujan untuk disimpan di tanah dan tidak langsung disalurkan ke parit dan sungai sehingga air yang tersimpan dalam sumur resapan dan biopori ini dapat dipergunakan untuk mengatasi krisis air bersih dan menghindari banjir karena dapat mengurangi debit air yang dibuang ke parit dan sungai.Baca Juga  Antisipasi Kemacetan Jalur Brastagi Medan Ditlantas Adakan Rekayasa Lalulintas

Sementara Tangki Septik kedap adalah tangki penampung tinja manusia yang secara periodik akan disedot oleh PDAM Tirtanadi sehingga bakteri yang terkandung didalam kotoran manusia tidak meresap ke tanah dan sumur yang apabila menyebar melalui tanah ke sumur akan membawa penyakit menular. Dalam situasi pandemi Covid-19 ini menurut Achyar semua pihak harus mencegah segala sumber penyakit dan menjaga Kesehatan tubuh.

Pemberian BMPS AWARD ini dilaksanakan pada acara Sosialisasi dan peresmian pemakaian sumur resapan dan Tangki Septik Kedap dilakukan oleh PLT Walikota Medan Ir.Achyar Nasution MSi pada tanggal 18 Januari 2021 di lapangan Sekolah SMK Swasta Asga Mandiri Medan dihadiri oleh ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU Prof.Drs. Tulus, Vordipl Math,M.Si, Ph.D, Deputy Chief Of Party (DCOP) Program USAID IUWASH PLUS ibu Alifah Lestari, Prof.DR.Ir.Abdul Rauf, MP Pakar konservasi air dari Universitas Sumatera Utara (USU), Pengurus KADIN Medan, Kepala Cabang Pemasaran Limbah air PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara,Baca Juga  Polsek Patumbak Terus Buru Pelaku Curanmor Depan Toko Lina Wusana

Yayasan penyelenggara sekolah swasta anggota BMPS Medan dan undangan diantaranya Yayasan Pendidikan Syafiatul Amaliyyah, Yayasan Pendidikan Harapan, Yayasan Pendidikan Gajah Mada Mandiri, Yayasan Pendidikan Al Fadhly, Yayasan Pendidikan BIMSA dan Yayasan Pendidikan Asga Mandiri sebagai tuan rumah.

Pada kesempatan yang sama Achyar juga berharap agar halaman sekolah dipasang paving block agar bersih tanpa harus di semen sehingga air dengan gampang akan terserap. Selain daripada itu Achyar juga mensosialisasikan program Roof Top dilantai atas Gedung sekolah diisi tanah dan ditanami sayuran dan bunga sehingga tanah yang diletakkan di atas Gedung dapat menyimpan debit air. (mc/yud) 

Minggu, 24 Januari 2021 – 17:05 WIB Plt Walikota Medan Ir.Achyar Nasution Menyerahkan BMPS AWARD kepada Yayasan Pendidikan ASGA MANDIRI Medan