BMPS Medan Lakukan kegiatan penataan sekolah
makobar.com – Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Medan mulai menata sekolah swasta berwawasan lingkungan. SMK Asga Mandiri Medan yang berlokasi di Jl.Karya Jaya No.196 Medan Johor sebagai salah satu anggota BMPS Medan menjadi projek percontohan sekolah berwawasan lingkungan dengan membuat Sumur resapan, Biopori dan Tangki Septik Kedap.
 
Ketua BMPS Medan Muhammad Arif, SE,MM disela sela acara sosialisasi dan peresmian pemakaian Sumur resapan dan Tangki Septik Kedap, mengatakan bahwa Sumur resapan dan Biopori adalah wadah untuk melakukan infiltrasi air hujan untuk disimpan di tanah dan tidak langsung disalurkan ke parit dan sungai sehingga air yang tersimpan dalam sumur resapan dan biopori ini dapat dipergunakan untuk mengatasi krisis air bersih dan menghindari banjir karena dapat mengurangi debit air yang dibuang ke parit dan sungai.
 
Sementara Tangki Septik kedap adalah tangki penampung tinja manusia yang secara periodik akan disedot oleh PDAM Tirtanadi sehingga bakteri yang terkandung didalam kotoran manusia yang apabila menyebar melalui tanah ke sumur akan membawa penyakit menular. Dalam situasi pandemi Covid-19 ini semua pihak harus mencegah segala sumber penyakit dan menjaga Kesehatan tubuh tutur Arif.
 
Sosialisasi dan peresmian pemakaian sumur resapan dan Tangki Septik Kedap dilakukan oleh PLT Walikota Medan Ir.Achyar Nasution MSi pada tanggal 18 Januari 2021 di lapangan Sekolah SMK Swasta Asga Mandiri Medan. Acara tersebut turut dihadiri oleh ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU Prof.Drs. Tulus, Vordipl Math,M.Si, Ph.D, Deputy Chief Of Party (DCOP) Program USAID IUWASH PLUS ibu Alifah Lestari, Prof.DR.Ir.Abdul Rauf, MP Pakar konservasi air dari Universitas Sumatera Utara (USU), Pengurus KADIN Sumut, Yayasan penyelenggara sekolah swasta anggota BMPS Medan dan undangan diantaranya Yayasan Pendidikan Syafiatul Amaliyyah, Yayasan Pendidikan Harapan, Yayasan Pendidikan Gajah Mada Mandiri, Yayasan Pendidikan Al Fadhly, Yayasan Pendidikan BIMSA dan Yayasan Pendidikan Asga Mandiri sebagai tuan rumah.
Baca Juga  Tanpa Menunggu Surat dari Pemko Medan, DPRD Bahas Pelantikan Akhyar Nasution
 
Dalam sambutan pada acara Sosialisasi dan peresmian pembangunan Sumur resapan dan Tangki Septik Kedap ketua BMPS Medan Muhammad Arif, SE,MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada Regional Manager USAID IUWASH Sumatera Utara bapak Muhammad Yagi dan staf yang telah membantu baik secara moril maupun materiil atas terselenggaranya acara dan program ini.
 
Begitu juga pihak Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Sumatera Utara bertindak sebagai ahli bidang konservasi air dan sanitasi melalui ketua LPPM USU Prof.Drs. Tulus, Vordipl Math,M.Si, Ph.D dan pakar bidang konservasi air dan sanitasi Prof.DR.Ir.Abdul Rauf, MP.Ketua BMPS Medan Muhammad Arif, SE,MM menuturkan BMPS Medan sebagai wadah bergabungnya sekolah swasta di kota Medan turut mendukung program pemerintah melalui program peduli terhadap lingkungan dan Kesehatan masyarakat. Para siswa, orang tua siswa dan masyarakat sekitar sekolah harus di edukasi terkait masalah lingkungan dan Kesehatan secara konsisten dan berkesinambungan jelas Arif.
 
Untuk merealisasikan Program Peduli lingkungan dan Kesehatan di sekolah swasta, BMPS Medan menggandeng USAID IUWASH Regional Sumatera Utara dan Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU dan Pemko Medan serta Kadin tambah Arif. BMPS Medan telah memberikan BMPS AWARD kepada sekolah Yayasan Pendidikan Asga Mandiri sebagai sekolah yang peduli lingkungan dengan membangun Sumur resapan, Biopori dan Tangki Septik Kedap yang diserahkan oleh Plt Walikota Medan Ir.Achyar Nasution, M.Si kepada ketua Yayasan Pendidikan Asga Mandiri Medan ibu Asga Dewi Lubis, SE didampingi Kepala sekolah SMK Asga Mandiri Ustadz Drs.Darfikri.
Baca Juga  21 Juli 1.489 Pasien Sembuh Corona di Indonesia Ini Daftar Sebarannya
 
Menurut Arif BMPS Medan Bersama USAID IUWASH Plus dan LPPM USU memberikan BMPS Award ini secara konsisten kepada sekolah swasta yang telah melaksanakan pembangunan Tangki Septik Kedap, sumur resapan dan Biopori. Dalam dialog yang dilakukan pada acara Sosialisasi dan peresmian pemakaian Sumur resapan dan Tangki Septik kedap sepakat akan terus mengawal, mengedukasi dan mendampingi sekolah sekolah swasta untuk melaksanakan program pembangunan Sumur resapan dan pembangunan Tangki septic kedap serta program konservasi air, sanitasi dan budaya hidup higenes berwawasan lingkungan.
 
Diharapkan dengan terselenggaranya program Kerjasama secara berkesinambungan ini akan menciptakan lingkungan sekolah yang sehat sehingga program pembelajaran para siswa dan guru berjalan efektif untuk mencerdaskan anak bangsa. BMPS Medan Bersama USAID IUWASH dan LPPM USU akan secara konsisten dan berkesinambungan memberikan BMPS AWARD kepada sekolah yang peduli terhadap lingkungan dan Kesehatan dengan parameter membangun Sumur resapan, Biopori dan pembangunan Tangki Septik Kedap di lingkungan sekolah. BMPS Bagi sekolah yang belum dan berminat untuk melaksanakan program pembangunan sekolah bersih dan sehat berwawasan lingkungan dengan membangun Sumur resapan dan Tangki Septik kedap dapat berkomunikasi dan bertanya kepada pengurus dan perwakilan BMPS Medan melalui email bmpsmedan@gmail.com
BMPS Medan Melakukan Penataan Sekolah Berwawasan Lingkungan Untuk Mengatasi Banjir dan Menerapkan Pola Hidup Sehat